Mar 21, 2010

Dasar-Dasar jQuery [jQuery Basic]

Dasar-Dasar jQuery Bagi para pengembang web, tentu selain Html, Css, PHP diperlukan kemapuan lain untuk membuat web yang telah dibuat menjadi semakin menarik dan atraktif. Jika 5 tahun yang lalu, tentu pilihan utama untuk membuat efek yang menarik di sebuah web adalah menggunakan macromedia flash. Dengan flash kita bisa membuat menu, ataupun tamplian web yang tak biasa. Misal situs ini.

Namun sayang,beberapa kelemahan Flash membuat beberapa orang (termasuk saya) akhirnya kurang memanfaatkan Flash. Kelemahan tersebuat antra lain


1. File flash tercompile(bukan text lagi), padahal  "TEXT" untuk sebuah web sangat penting untuk menunjang penjarian menggunakan search engine.
2. Ukuran, Sebenernya untuk ukuran saat ini hampir  gak ngaruh krn kecepatan internet saat ini jauh beda dengan 5 tahun lalu. tapi memang gara-gara ini pula yang dulu saya berganti haluan ke javascript (jQuery)

Ok mari kita selami bersama-sama alasan betapa jQuery sangat powerfull

1. Dokumentasi yang lengkap dan jelas( disertai contoh aplikasi )
2. Update yang cepat (tidak seperti prototype  & dojo)
3. Event yang sederhana, sehingga mundah di gunakan
4. Banyak effect animasi

Langsung kita ke TKP

Semua jQuery diawali dengan tanda "$", jangan ditanyakan kenapa mesti dengan "$" saya sendiri juga tidak tahu kenapa. Penting gak penting mending kita nurut aja ma yang mengembangkan jQuery. Dan semua script jQuery (temasuk javascript) harus masuk diantara script berikut
$(document).ready(function() {


// Ini adalah tempat kita menulis kode


});
$(document).ready(function(){}) artinya jika document telah siap dan sama artinya dengan fungsi ( dalam java script ) “window.onLoad()” . Maaf lupa, sebelum belajar jQuery mending belajar CSS dulu karena kemapuan memahami CSS sangat penting nantinya.

Contoh program
1. Menetukan aksi dari jQuery
 // memanggil jQuery

2. Mendefinisikan Css Class


3. Exekusi html
tamplikan
Hello jQuery
Dari contoh diatas nampak begitu mudah bukan?

Secara utuh kode diatas ditulisakn seperti ini
<html>
  <head>
    <title>Contoh Tutorial jQuery</title>



  </head>
  <body>

   
tamplikan
Hello jQuery
</body> </html>


Download Tutorial jQuery Diatas

1 comment:

Anonymous said...

emg bener, klo pake flash ga berbasis kode lagi.. klo dah di convert..