Mar 19, 2012

Sencha Touch Perkenalan


Perkembangan pasar smartphone begitu pesat akhir-akhir ini dan akan semakin besar menurut ramalan yang diperkirakan. Tentu ini adalah sebuah peluang bagi kita semua untuk ikut merasakan manisnya pasar smartphone, bukan sebagai penjual smartphone melainkan sebagai pengembang software. Jika anda masih mahasiswa, pikirkan saran saya,"Jangan belajar pemrograman desktop, beralihlah pada pemrograman web dan mobile". Ini adalah pasar yang sangat menjanjikan.  Untungnya semasa masih muda, dahulu saya sempat belajar php,flash,javascript dan variannya.


Menjadi programer perangkat mobile, bekal penting anda adalah JAVA. Kuatkan diri anda pada konsep, alur program JAVA. Jika Tuhan mengijinkan, saya yakin anda akan dengan mudah menguasai berbagai bahasa keturunanya. Dan ingat JAVA bukanlah JAVASCRIPT.

Lalu bagaimana untuk manusia-manusia seperti saya, yang gak bisa Java?

Tenang bro, jika anda ngerti html, css dan javascript. Bekal ini kiranya sudah cukup untuk membuat aplkasi smartphone berbasis webkit. Dipermanis dengan PHP(atau program serverside lainnya) jika nanti aplikasi anda memerlukan webservice.

Keuntungan membuat aplikasi berbasis webkit.

  1.  Multi platform, sekali anda membuat aplikasi untuk iphone. Maka dia juga bisa digunakan untuk blackbery,nokia, android. Tinggal compile sesuai SDK
  2. Pembuatan layout yang lebih luwes, karena menggunakan css.
  3. Paling penting, semua berasa native app.


Kekurangan

  1.  Lambat, sebenarnya aplikasi ini berjalan di browser. Hingga untuk menjalakan app, smartphone harus load framework terlebih dahulu.
  2. Tidak bisa menggunakan API dari os yang bersangkutan, misal anda tidak bisa akses GPS, sms atau contact.


Solusi nomer 2, bisa menggunakan aplikasi hybrid. Layout menggukanan webkit tapi service menggunakan native. (saya belum tahu ini, cuma baca-baca diforum)


Ada beberapa framework javascript untuk pembuatan aplikasi mobile, diantanya
1. JQuery Mobile
http://jquerymobile.com/ pengembangan dari jquery. Jika anda terbiasa bekerja dengan jquery tentu jquery mobile bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Sangat familiar dan mudah dipahami.
2. JQtouch
http://www.jqtouch.com/ . Konon, JQtouch ini adalah adik dari sencha meskipun mengambil librari jquery juga. Karena jqtouch juga dikembangkan oleh sencha labs
3. Sencha Touch
http://www.sencha.com Keturunan Ext Js, jika anda sudah biasa dengan Exj Js tentu sangat mudah, tetapi jika terbiasa dengan jquery agak membingungkan.

Diantara ketiga framework diatas menurut saya paling keren adalah Sencha Touch. Bekerja menggunakan sencha touch kita berasa tidak mengerjakan suatu web, lebih berasa saat kita membuat aplikasi Java.

Minggu depan saya akan membuat tutorial membuat aplikasi smartphone menggunakan sencha touch.

No comments: